Informasi seputar PBI UAD Cari informasi ...

Membuat Halaman Post di Wordpress

Frequently Asked Questions (FAQ) PBI UAD

Setelah Anda berhasil aktifasi dan login pada website, sudah saatnya kini Anda melakukan langkah berikutnya. Membuat halaman postingan ini sangat mudah. Hanya perlu memperhatikan beberapa tempat agar Search Engine Optimization (SEO) berfungsi dengan baik. Sebelum membuat halaman post mari kita telusuri apa itu SEO?

Search Engine Optimization

Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya seorang copy writer (penulis) untuk mengoptimalkan sebuah website. Lantas apa saja yang bisa dioptimasi dalam menulis sebuah tulisan?. Mari kita pelajari bersama-sama. Perhatikan gambar berikut ini.

Frequently Asked Questions (FAQ) PBI UAD

Frequently Asked Questions (FAQ) PBI UAD

Pada gambar di atas ada 5 kiat sukses dalam menulis sebuah berita/tulisan melalui website. Berikut ini penjelasan tiap-tiap bagian.

  1. Judul
    Dalam menuliskan judul usahakan memliki panjang kurang dari 70 karakter. Usahakan dalam membuat judul seringkas mungkin. Dalam pembuatan judul pastikan pula menyertakan fokus keyword.

  2. Isi Berita/Tulisan
    Dalam menulis berita ada hal yang perlu diperhatikan. Berita atau tulisan yang baik minimal memiliki 300 kata. Sehingga usahakan dalam membuat sebuah tulisan lebih dari 300 kata. Jangan terlalu banyak kalimat-kalimat pasif. Pastikan dalam tulisan mengandung beberapa fokus keyword. Sehingga SEO akan bekerja dengan baik.

  3. Keyword SEO
    Pada Keyword SEO ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu SEO, Keterbacaan. Pada tab SEO ada beberapa yang perlu diperhatikan pula, yaitu Frasa Kunci Utama, Judul SEO, Slug, Deskripsi meta. Inilah yang akan membuat tulisan akan mendapat predikat Excellent, Good, atau Bad.
    Pada tab keterbacaan, akan menampilkan koreksi tentang tulisan kita saat nanti mulai menuliskan sesuatu.

  4. Tag
    Layaknya media sosial lainnya, pada website ada fitur Tag untuk membantu pencarian google dalam mengindex SEO. Tag ini sama halnya tag yang ada di media sosial lainnya. Hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan tag ini adalah ada bebera tag wajib yang harus diberikan. Tag tersebut adalah uadjogja, uad, universitasahmaddahlan, weareuad, muhammadiyah, islamberkemajuan. Tag ini adalah tag milik Universitas. Sedangkan untuk tag FKIP yang digunakan adalah fkipuad, fkipjogja, fkip, fakultaskeguruandanilmupendidikan, fakultaskeguruan, banggajadiguru, guruindonesia. Setelah tag wajib terpenuhi baik tingkat fakultas dan Universitas, silahkan Anda bisa menambahkan tag terkait tulisan yang Anda sedang tulis.

  5. Featured Image
    Pastikan dalam setiap postingan ada Gambar yang diunggah. Gambar ini terbagi menjadi 2 bagian. Pertama adalah thumbnail (Gambar Depan), yang kedua adalah gambar/foto di dalam postingan. Dalam memberikan nama pada foto jangan sembarangan. Pastikan Anda memberikan nama foto sesuai dengan berita yang ingin Anda tulis.
    Contoh: FKIP-UAD-Gelar-Seminar-Nasional.jpg

Nah, 5 kiat-kiat di atas adalah salah satu rangkaian dalam proses pembuatan sebuah berita atau tulisan pada wordpress. Saatnya sesi praktek dan bersama-sama mempraktekan, bagaimana menulis berita atau tulisan tersebut. Ingat, dalam menulis pastikan 5W + 1H terpenuhi ya. Itu berguna banget dalam menentukan kerangka tulisan.

  Login Dashboard

Posting Komentar